Friday, March 18, 2022

Tentang Witing Tresno Jalaran Soko Kulino (Cinta Karena Terbiasa)


"Emang kalo witing tresno jalaran soko kulino itu bisa terjadi karena apa pak?" tanya gue ke bapak yang sama-sama sedang berbaring sambil menonton teve di ruang tamu multifungsi.

"karena pihak yang diusahakan mau"


   Kurang lebih seperti itulah sepotong obrolan dengan bapak yang masih gue ingat di suatu malam yang masih tak terlalu pekat. Gue gatau atau  kurang ingat gimana awalan obrolan tersebut dimulai. Kira-kira sekitar setengah jam obrolan antara bapak dan anak tentang percintaan terjadi.

    Kalau dipikir-pikir, ada benarnya juga sih apa yang diomongin bapak gue tentang witing tresno jalaran soko kulino (cinta karena terbiasa) hanya bisa terjadi kalau pihak yang diusahakan terbiasa mau untuk menumbuhkan rasa cinta. 

Maksudnya gimana dip? 


   Maksudnya, misal ada sepasang insan yang bertemu lalu timbul kedekatan karena sering mengobrol (entah lewat chat atau langsung) dan bertemu sekian lama. Bisa saja salah satu di antara mereka tumbuh benih cinta karena terbiasa bersama. Tapi, bisa saja yang lainnya malah biasa saja. 
 
    Kenapa? Karena yang merasa biasa aja memang ga mau untuk jatuh cinta karena keterbiasaan akan kebersamaan tersebut. Akhirnya, witing tresno jalaran soko kulino (cinta karena terbiasa) hanya dirasakan oleh salah satu pihak. Bukan kedua belah pihak. 

     Ada kan sebagian pasangan yang nikah tanpa cinta percaya cinta akan tumbuh karena terbiasa namun akhirnya gagal karena salah satu pihak tidak pernah menghendakinya? Ada. 

  Waktu zaman SMA, pernah ada seorang kakak kelas perempuan yang berani banget buat deketin gue duluan (cailah sok ganteng banget lu dip!). Dia nanya ID Line gue karena alasannya apa gitu. Gue lupa. Tapi tentunya tetap gue kasih dong. Saat itu gue ga sadar kalau dia demen sama gue (kan kan sok ganteng bin kepedean lu dip!!!). Gue baru sadar setelah beberapa waktu PDKT yang gue lakukan ke adik kelas beda SMA gagal. Sudah ga dapet yang diusahakan, ga dapet pula yang mengusahakan duluan. Aduhhh teteh maaf ya aku sok kegantengan udah ga mau duluan. Teteh cakep dan manis kok :).

Kenapa hal tersebut terjadi sama gue? 

   Karena dari awal gue udah menolak duluan dan terlalu fokus sama satu orang. Selayaknya investasi uang, ada nasehat yang bagus banget buat diterapkan dalam hal percintaan. 

Never put all eggs in just one basket.

Di lain kesempatan gue bakal bahas nasehat tersebut. 

0 comments: