Saturday, December 2, 2017

Faktor-faktor rating penumpang uber yang jelek!

Mr kalanick

Uber adalah sebuah perusahaan aplikasi yang melayani dalam bidang transportasi. Diciptakan oleh Travis Kalanick dan Garett Camp sesudah ia berdua merasakan sulitnya mendapatkan taksi saat  pergi di suatu musim salju di Paris. Setiap penyedia transportasi berbasis aplikasi ini memiliki kelebihannya masing-masing.

Gue sebagai driver uber motor sudah mengalami banyak kejadian bersama Uber. Di Uber ini ada fitur khusus yaitu adalah : Rating(nilai) penumpang

Emang apa pentingnya sebuah nilai dip?

Di dunia nyata, emang nilai itu ga selalu penting. Tapi di dunia Uber, nilai (penumpang ) itu sangat penting.
contoh penumpang dengan rating jelek

Kenapa bisa penting dip?

Karena, dari pengalaman gue yang sudah-sudah, penumpang yang memiliki rating jelek ini kelakuannya ada aja. Sampe bikin kepala geleng-geleng. Nah, apa aja sih faktor dari penumpang yang nilainya jelek ini? ini dia!


1. Jutek
jutek bener mba. (ilustrasi)

jutek itu sebenarnya bukan suatu masalah yang serius banget sih. Karena ngapain juga gitu harus beramah ria dengan kang ojek? kecuali punya satu kesukaan yang bikin obrolan sambil jalan jadi ngalor-ngidul. Entah driver uber motor itu pada baperan pengen diramahin atau penumpangnya ga asik, yang pasti jutek adalah salah satu faktornya.

2. Pelit

Lo tau kan apa itu definisi pelit?

iya, menurut KBBI V kata pelit itu berasal dari kata kikir yang artinya adalah, terlampau hemat memakai harta bendanya.

Nah, di dunia Uber motor ini, definisi orang pelit adalah penumpang yang membayar jasa ojek (ubermotor) dengan pas-pasan atau meminta uang kembalian Rp 500an. Atau pekerja kantoran yang membayar dengan cara kredit tanpa mengasih tip barang Rp 5000 aja gitu buat beli air. Ga salah sih emang. Tapi kan realita jasa di jalan itu beda sama berdagang yang bayarnya pas tanpa lebih. Walaupun banyak faktor yang menentukan kenapa bisa bayar pas. Seperti halnya emang lagi ga punya duit lagi gitu

3. Rese
(ilustrasi. Tribunnews.com)


untuk yang satu ini, definisinya bisa banget meluas. Biasanya sih, karena penumpangya itu diem aja ketika ditanya mau kemana arahnya. Contoh:

"mba ini belok kanan atau kiri?" Ari, si driver ubermotor bertanya
"mba"
"hola mba" gatauya si mbanya ketiduran. zzz.

4. Terlampau Oversize+pelit

(ilustrasi). Yang sabar yah mas :) | Group WA

Nah loh. Tipe penumpang kaya gini nih yang biasanya dihindari para driver ubermotor. Ini adalah perpaduan sempurna untuk merusak mood narik(ngojek). Coba lo bayangin, si driver ini pake motor matic yang kekuatan shockbreakernya bisa dikira-kira dengan maksimal berat penumpang 70 terus dipaksa ngangkut karena baru trip pertama dan begitu selesai bayarnya pas. DUHHH. RUGI BANDAR. UNTUNG SHOCKBREAKER GA HANCUR KAYA HATI. hiksss

5. Minta buru-buru
cepet-cepet kaya gimana. Macet begini :(

Kalo yang ini pasti ditemuin oleh driver UberMotor dan yang lainnya ketika pagi hari menjemput orang yang berangkat kerja atau anak sekolah. Bikin kesel sih emang yang kaya gini mah. Apalagi pas udah selesai trip ternyata bayarnya pake kartu kredit. BEHHH. INGIN KU BERISTIGHFAR, ya rabb :(. Kalo dari perhitungan waktu sih, secepat-cepatnya naik motor paling maksimal 60 km/jam. Tapi kecepatan segitu sepertinya masih menjadi dongeng bagi driver ojek online yang narik di Jakarta dengan segala keruwetan kendaraannya.

Ok segitu dulu tulisan dari gue. Jangan lupa FOLLOW ini blog, share dan comment! happy weekend guys!!! 

sumber sejarah: https://www.uber.com/id/our-story/

0 comments: