Saturday, November 28, 2015

sedikit curhatan di kelas 12

(gambarnya diambil dari screenshot film death note movie 2)


Semester kali ini bener-bener gue ngerasain culture shock yang beda dari sebelumnya. Kelas 12 semester 1 atau kalo menurut urutan buat snmptn semester 5 ini harder than I expected. Awal masuk mau kelas 12 gue ngerasa semangat banget buat belajar. Alat tulis gue lengkapin dari mulai pulpen, pensil, jangka, penggaris sampe tipe x pun ada. Tapi sekarang, alat tulis gue hilang semua kaya gebetan yang udah jadian sama orang lain. Sedih sih tapi mau gimana lagi..

Guru di kelas 12 ini juga beda banget sama yang di kelas 11. Kalo di kelas 11 gurunya cenderung kaya orangtua sendiri. Tapi, di tingkat ini beda men. Gurunya lebih keras daripada ibukota! Ya gue tahu sih buat ngedidik mental anak-anak muridnya biar lebih mateng. Tapi, gue sebagai remaja yang bentar lagi ke arah kedewasaan belum bisa beradaptasi dengan ini. Terutama guru mata pelajaran yang menurut gue masih rada lemot buat diserap. Iya, mtk. Guru MTK kali ini amat sangat berbeda dari yang sudah-sudah. Kalo dulu kelas 10 gue ga ngerti biasanya percakapannya gini

“ngerti ga anak-anak?”

“ga bu”

“ok kita ulang yaa”

Gue suka tipe guru kaya gini. Sabar ngajarin meskipun anak muridnya kaya Pentium 4 yang loadingnya bisa bikin kopi dulu. Kalo di kelas 11 ga jauh beda sih. Biasanya percakapan yang terjadi kaya gini

“udah ngerti anak-anak?”

“belum pak”  lagi-lagi yang jawab belum ngerti itu pasti gue

Roda berputar men. Kadang diatas, kadang juga dibawah. Begitu juga keadaan yang dialami. Guru mtk di Kelas 12 sebenernya ga beda sih tapi… mungkin guru ini adalah role model dari game atau film action yang slang vocabulary-nya banyak kali ya.

Nah, di guru pelajaran bahasa inggris juga gue ngalamin culture shock yang cukup bikin gue diam membisu. Kalo di kelas 10 dan kelas 11, guru bahasa Inggris gue friendly banget. Sekali jelasin biasanya gue langsung ngerti. Tapi di kelas 12 ini, gurunya kaya gebetan yang baru dikenal. Cuek banget! Komunikasi di antara kita cuma satu arah udah kaya sales MLM yang lagi presentasi produk. Tapi satu hal yang gue ga bosen dari guru ini adalah dia sering bilang:

“kamu harus belajar yang bener! Biar bisa masuk PTN yang diinginkan. Kan kalo masuk PTN biayanya ga ada separuh dari swasta jadi bisa ngeringanin beban keluarga”

Atau ga pasti bilangnya gini

“gimana mau sukses kalo kerjaannya di kelas Cuma tidur doang. Ga belajar sama sekali”

Gue disini ga ada niatan buat ngejelekin siapapun atau guru siapapun itu. I just write down what I feel. Ini sih baru sebagian culture shock di kelas 12. Sepenggal lirik lagu dari Maroon 5-goodnight  yang pas buat suasana kali ini adalah:

But I try my best to reach you


I’m so… sorry

3 comments:

Unknown said...

Hemat!!!! Lu dip bikin blog bginian, suksez

Unknown said...

Hemat!!!! Lu dip bikin blog bginian, suksez

Dipa Wijaya said...

makasih ya! aamiin