Tuesday, November 10, 2015

Arti dari sebuah pilihan



 (taken from pinterest)

Dalam hidup, setiap apa yang kita lakukan pasti ada pilihan-pilihan tertentu yang ada dan bisa di ambil. Tapi, ga semudah itu teman.. kadang banyaknya pilihan atau ketiadaan akan adanya pilihan membuat kita bingung.

Lo semua pasti pernah ngalamin hal ini di setiap moment penting dalam hidup lo. Mau masuk tk, enaknya dimana? Kalo sd dimana? Smp yang favorit sepertinya enak? Mau sma atau smk? Ipa atau ips? Mau kuliah ambil jurusan apa? Dan dimana? Yap, itu cuma segelintir pertanyaan untuk sebuah pilihan yang bakal menentukan lo nanti kedepannya kaya gimana.

sering juga dalam hidup lo pasti pernah punya banyak pilihan yang akhirnya bikin lo bingung. nah, kalo lo yang di sma sebelum milih penjurusan pasti ngadain diskusi dulu dong sama keluarga enaknya masuk jurusan apa atau bakatnya di jurusan apa. kalo lo yang punya orang tua otoriter pasti langsung diminta buat masuk di jurusan yang sama kaya orang tua lo. tapi, buat lo yang punya orang tua demokratis pasti dibebasin buat milih jurusan sesuai dengan kemampuan yang lo miliki. gue bersyukur karena punya orang tua yang demokratis dan gue bisa milih jurusan ips.

Seperti gambar diatas yang gue ambil dari pinterest, lo bisa bebas milih apapun asal.. lo udah tau nih resiko apa yang bakal lo hadepin kedepannya. Buat lo yang anak sma, abis lulus mau langsung kuliah? Itu bagus bro atau baru lulus mau cari kerja dulu buat modal kuliah? Lo super! Buat lo yang anak smk nih, mau langsung cari kerja? Bisa banget atau mau kuliah dulu ambil vokasi biar lebih expert? Itu juga lebih bagus.

Inget, hidup itu pilihan bro antara ya atau tidak. Dan sekalipun lo ga milih itu juga secara ga langsung lo milih tidak. Guru T.I.K gue, pak Ramanson Damanik pernah bilang

"Nak, hidup itu seperti menjadi sebuah penumpang kendaraan. Jika kamu cuma jadi penumpang gelap yang gatau kemana arah tujuanmu maka kau hanya akan membuang waktu,energi dan uangmu. Artinya, dalam hidup itu kita harus punya tujuan yang jelas kita mau kemana biar ga nyasar dan muter disitu-situ aja"

Dari gue sendiri, libatkan diri-Nya dalam urusan apapun yang lo hadepin termasuk dalam pengambilan keputusan atau pilihan

6 comments:

anonym said...

Give me the solution, ortu udah demokratis, masalahnya aku nya yabg bingubg tujuannya mau kemana ka -,-
But.. Thanks pencerahannya.. Akhirnya ngepost lagi, rajin rajin ya kaaa

(pembaca setia)

Dipa Wijaya said...

Salah satu caranya adalah kamu liat apa sih yang jadi hal kesukaan kamu. Misal, suka baca cerita-cerita fiksi atau non fiksi. Maka, secara garis besar kamu itu suka sastra. Gitu sih kalo menurut aku mah de hihi

anonym said...

Masalahnya aku suka semua tuh yang berbau bau seni, hapalan dll. But aku kejebak di ipa yang isinya itung itungan. Aku ga suka, tapi udah terlanjur jadinya gimana?

Dipa Wijaya said...

seni kaya apa dulu nih de? menggambar? main alat musik? sebenernya apapun jurusan yang udah kamu ambil sama aja sih de. sama-sama mengajarkan pola berpikir yang benar. nikmatin aja dulu nanti kalo mau kuliah diskusi lagi sama keluarga

anonym said...

Musik sih.. Pengalaman ka? Wkwk bagus abisnya sarannya ea

Dipa Wijaya said...

Hahaha ya bisa dibilang begitulah de