Monday, June 1, 2020

Resensi buku: Sebening SyahadatーDiva SR

Dokumen pribadi


Penulis: Diva SR
Penerbit: Best media
Tahun terbit: Agustus, 2016
Tebal: 406 halaman
Harga: Rp 99,000


Sinopsis:
Sam, seorang lelaki remaja yang banyak diidam-idamkan kaum hawa, dengan kehidupan kelamnya. Kemudian semua itu berubah seratus delapan puluh derajat setelah ia bertemu dengan perempuan berkerudung panjang dari seberang sekolahnya. Dengan segala ketangguhan tekadnya, ia berusaha untuk mendapatkan hati perempuan itu. Tetapi perbedaan terlalu sulit untuk mereka terjang, akankah perbedaan dapat menyatukan mereka?

Resensi:
Novel yang masuk ke dalam kategori teenlit menyuguhkan kisah Samuel Arya Baskoro yang mencari jati diri di SMA. Dalam pencariannya tersebut ia bertemu dengan perempuan yang belum pernah ditemuinya. Haba. Novel ini berawal dari sebuah situs kepenulisan Wattpad yang telah dibaca sebanyak 1,2 juta kali.

Alur cerita yang disuguhkan menarik. Khas remaja sekali. Dengan segala jalan berliku yang harus ditempuh, novel ini juga tak ketinggalan candaan-candaan yang bikin gemas dan ketawa sekaligus. Dari segi karakter, sudah bisa dibilang lumayan karena masing-masing tokoh punya kekhasannya masing-masing.

Namun, sebuah karya pasti mempunyai kekurangan yang terkandung di dalamnya. Seperti halnya dalam novel Sebening Syahadat yang ditulis oleh Diva Sinar Rembulan ini juga memiliki beberapa kekurangan.  Pertama, tidak konsistennya penambahan footnote untuk kalimat dalam bahasa Sunda yang ada. Kedua, penamaan tokoh yang mirip-mirip seperti Haba, Hada, Sandy, dan Sindy membuat bingung orang yang membaca jika tidak dilakukan secara terus menerus. Harusnya ada alternatif lain seperti, Hada diganti Nada, Sandy diganti dengan Sandra. Ketiga, penyunting buku ini tidak melakukan tugas proofreading dengan baik karena terdapat beberapa kata yang salah ketik namun tidak diperbaiki. Keempat, ending cerita dalam buku ini terasa kurang greget. Harusnya bisa dipadatkan menjadi satu bab saja. 

0 comments: